Selasa, 16 November 2010

RUMPUT LAUT

Diposkan oleh Keajaiban tanaman herbal di 09.00

Manfaat rumput laut berdasarkan penelitian tercatat 22 jenis telah dimanfaatkan sebagai makanan. Diwilayah perairan Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Pulau Seram, Bali, Lombok, Kepulauan Riau dan Pulau Seribu diketahui 18 jenis dimanfaatkan sebagai makanan dan 56 jenis sebagai makanan dan obat tradisional oleh masyarakat pesisir.

Berikut beberapa manfaat rumput laut diantaranya:

  • Nori: Nori dibuat dari rumput laut yang dihaluskan. bubur rumput laut ini kemudian dihamparkan dengan ketebalan yang sangat tipis. Proses selanjutnya dikeringkan sehingga bentuknya lembaran menyerupai kertas. Nori banyak digunakan pada masakan Jepang, mulai dari pembungkus sushi, udang gulung atau rollade goreng. Pilih nori yang lentur, kering dan warnanya hitam mengkilat.

  • Kombu dan Wakame Sejenis ganggang laut yang dikeringkan. Kombu adalah bahan dasar membuat kaldu pada masakan Jepang. Setelah direbus kuahnya untuk kaldu dan kombunya digunakan untuk isi soup, salad atau tumisan. Sedangkan wakame, bentuknya hampir menyerupai kombu, biasanya digunakan untuk campuran salad, isi soup atau campuran mie. jangan merebus wakame lebih dari satu menit untuk mendapatkan citarasa yang maksimal.

  • Manisan Rumput Laut Diperoleh dari rumput laut segar, kemudian dicuci, direbus dan diolah dengan larutan gula sebagai pengawetnya. Citarasanya menyegarkan dan teksturnya kenyal juga renyah, sangat cocok untuk campuran es, pudding dan aneka dessert.

  • Agar-agar Proses membuat agar-agar sangat panjang. Tahap pertama pemilihan jenis rumput laut yang akan digunakan, yaitu jenis gracilaria sp atau gelidium sp. Slanjutnya proses pemecahan dinding sel, pemasakan(ekstrasi) sampai pada pengeringan. Dipasaran banyak dijumpai agar-agar dalam aneka bentuk, baik yang batangan maupun serbuk.

GIZI TERKANDUNG DAN MANFAATNYA
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa rumput laut adalah bahan pangan berkhasiat, berikut beberapa diantaranya:

  • Antikanker Penelitian Harvard School of Public Health di Amerika mengungkap, wanita premenopause di Jepang berpeluang tiga kali lebih kecil terkena kanker payudara dibandingkan wanita Amerika. Hal ini disebabkan pola makan wanita Jepang yang selalu menambahkan rumput laut di dalam menu mereka.

  • Antioksidan Klorofil pada gangang laut hijau dapat berfungsi sebagai antioksidan. Zat ini membantu membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang sangat berbahaya bagi tubuh.

  • Mencegah Kardiovaskular Para Ilmuwan Jepang mengungkap, ekstrak rumput laut dapat menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi. Bagi pengidap stroke, mengkonsumsi rumput laut juga sangat dianjurkan karena dapat menyerap kelebihan garam pada tubuh.

  • Makanan Diet Kandungan serat (dietary fiber) pada rumput laut sangat tinggi. Serat ini bersifat mengenyangkan dan memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga sangat baik dikonsumsi penderita obesitas. Karbohidratnya juga sukar dicerna sehingga Anda akan merasa kenyang lebih lama tanpa takut kegemukan.






Budidaya Rumput Laut

Pada budidaya rumput laut, ekologi perairan dan konstruksi tambak merupakan factor yang sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan rumput laut.

Beberapa syarat tambak untuk pembudidayaan rumput laut Gracillaria sp,adalah;

> Lokasi harus terlindung dari terpaan angin dan gelombang angin yang besar untuk menghindari kerusakan fisik rumput iaut.
> Dasar perairan yang baik bagi pertumbuhan rumput laut adalah potongan karang mati dicampurdengan pasir karang.
> Kedalaman berkisar antara 30 - 50 cm pada surut terendah, agar tidak mengaiami kekeringan karena sinar karena terkena sinar matahari secara langsung.
> Salinitas perairan berkisar antara 28 - 34 ppt dengan nilai optimum 32 ppt

> Suhu perairan berkisar antara 27-30 derajat Celcius.
> Kecerahan dengan angka tranparansi berkisar antara 1,5m.
> Kisaran pH antara 6-9. Nilai optimal diharapkan pada kisaran 7,5-8,0.
> Kecepatan arus yang dianggap baik berkisar 20-40cm/detik
> Mudah dijangkau dengan sarana dan prasarana tranportasi.

TEKNIK BUDIDAYA

Persiapan Tambak

> Luas petakan berkisar 1 ha dan berbentuk persegi panjang
> Pematang utama harus kuat berguna untuk menahan air serta melindungi unit tambak dari bahaya banjir, erosi dan airpasang
> Pintu air berfungsi dalam menentukan keberhasilan pengaturan
air yang biasanya terdiri dari pintu air utama dan pintu air petakan.
> Saluran air berfungsi untuk memasukkan air setiap saat secara mudah, baik untuk mengalirkan air dari laut maupun air tawar dari sungai/irigasi.
> Pengelolaan air tambak diutamakan dengan menggunakan sistim gravitasi atau pasang surut air laut. Dengan persyaratan sbb:

- Suhu air : 20-28 oC

- Salinitas optimum : 15-37permil

- pH : 6,8-8,2

- Oksigen terlarut : 3 - 8 ppm

- Kejernihan : air tidak tertalu keruh dan

memungkinkan untukmenerima sinar matahari

- Polusi : Jauh dari limbah industri dan
limbah air dan tanah

Penyediaan dan pemilihan Bibit

Pemilihan bibit dalam budidaya rumput laut merupakan hal yang sangat penting. Hal hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

• Bibit yang berupa stek dipilih dari tanaman yang segar, dapat diambil dari alam, tanaman budidaya, atau hasil kultur jaringan. Untuk perbanyakan bibit dapat dilakukan melalui pemotongan(Vegetatif)setelah bibitberumur2-4minggu.

• Bibit unggul mempunyai cirri-ciri bercabang banyak, berujung runcing dan rimbun, Berwarna cerah yaitu coklat cerah dan hijaucerah.

• Bibit diupayakan seragam sekitar 100 - 200 gram per ikatan/ rumpun

• Pengangkutan bibit harus dilakukan dengan hati-hati dan cermat, dimana bibit harus tetap dalam keadaan basah.

Penanaman Bibit.

Penanaman bibit rumput laut dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu metode sebar (broadcast) dan metode long line

a. Metode Sebar

Penebaran bibit dengan menggunakan metode sebar memiliki keuntungan yaitu biaya penanaman dan pengelolaannya lebih murah. Waktu penebaran terbaik ditakukan pada pagi dan sore hari. Untuk menghindari kekeringan, rumput taut yang akan dibudidayakan diadaptasikan dengan menyiramkan air dari petakan tambak secara perlahan-lahan.

b. Metode Long line

Penanaman bibit rumput laut dngan metode long line dilakukan dengan cara mengikat rumput laut pada tali ris dengan jarak 25 - 30 cm. Panjang tali ris diusahakan sesuai dengan panjang tambak agar efisiensi penggunaan lahan tambak lebih tinggL Ikatkan kedua ujung tali ris pada patok yang sudah disiapkan. Untuk mengapungkan rumput laut ikatan pelampung dengan styroform, botol polyetilin, aqua 500 ml. Ikatan pelampung-pelampung tersebut dengan dengan tali penghubung ke tali ris sepanjang 1 0 - 1 5 cm agar rumput laut tidak mengapung dipermukaan dan tanaman diupayakan tetap berada pada kedalaman 10 -15 cm di bawahpermukaanair.

Pemeliharaan

Selama dalam pemeliharaan, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

• Pembersihan tanaman dari lumpur , tanaman penggangu dan competitor yang melekat pada tanaman.
• Penggatian tanaman yang rusak atau hilang dengan yang baru.
• Perbaikan bangunan budidaya, seperti halnya tali atau jaring yang putus, tiang-tiang pancang yang tercabut dan bambo atau kayu yang patah.
• Melakukan pemupukan dengan Urea dan TSP dengan dosis 20 kg/ha saat tanaman berusia satu bulan.


Pemanenan dan Pasca Panen

Pemanenan rumput laut dilakukan dengan meninggalkan sebagian rumput laut agar tumbuh kembali. Biasanya bagian pangkalnya dan ujung thalus dipisahkan untuk dijadikan bibit kembali.
Untuk panen rumput laut yang dibudidayakan dengan metode sebar pemanenan dilakukan dengan cara mengangkat tanaman ke darat. Sedangkan yang ditanam dengan metode long line, rumput laut diangkat/dilepas dari tali ris dan diangkat ke darat. Rumput laut lalu disortir dengan memisahkan thalus yang tua dengan yang muda. Thalus yang muda dikembalikan ke tambak untukditanam kembali
Setelah dipanen, rumput laut lalu dicuci untuk menghilangkan kotoran dan disortir untuk memisahkan rumput laut tidak diinginkan. Begitu pula kotoran lainnya seperti batu karang, lumpur atau benda asing lainnya.
Penjemuran diiakukan dengan cara meletakkan rumput di atas para-para atau waring selama 2-3 hari. Rumput laut dikatakan sudah kering apabila telah kelihatan mersik/kaku, dan butiran-butiran garam sudah menempel di permukaan rumput laut. Penyusutan rumput laut dari basah ke kering setelah penjemuran adalah 10:1, artinya 1 ton panen basah akan menjadi 1 kwintal rumput laut kering.

rujukan:
http://www.perikanan-budidaya.dkp.go.id/index.php?option=com_content&view=article&id=80:budidaya-rumput-laut-gracilaria-sp-di-tambak&catid=109:profil&Itemid=126

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e:
:f: :g: :h: :i: :j:
:k: :l: :m: :n: :o:
:p: :q: :r: :s: :t:
:u: :v: :w: :x: :y:
:z: :1: :2: :3: :4:
:5: :6: :7: :8: :9:
:10: :11: :12: :13: :14:

Poskan Komentar

 

Keajaiban tanaman herbal Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei